SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII
Alokasi Waktu
: 5 Jam
Pelajaran/Minggu
Kompetensi Inti (KI) :
KI-1 (Spiritual) : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI-3 (Soasial) : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 (Pengetahuan)
: Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 (Keterampilan) :
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial, dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), pada
pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Menjelaskan dan
menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan
(biasa, campuran, desimal, persen)
3.2 Menjelaskan dan
melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan
berbagai sifat operasi
3.3 Menjelaskan dan
menentukan representasi bilangan bulat besar sebagai bilangan berpangkat
bulat positif
4.1 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa,
campuran, desimal, persen)
4.2 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
4.3 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bilangan bulat besar sebagai bilangan berpangkat bulat
positif
|
Bilangan Bulat dan Pecahan
·
Membandingkan bilangan bulat dan pecahan
·
Mengurutkan bilangan bulat dan pecahan
·
Operasi dan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan
pecahan
·
Mengubah bentuk bilangan pecahan
·
Menyatakan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat
positif
·
Kelipatan persekutuan terkecil (KPK)
·
Faktor persekutuan terbesar (FPB)
|
· Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
penggunaan bilangan bulat, Misal: zona pembagian waktu berdasarkan GMT
(Greenwich Meredian Time), hasil pengukuran suhu dengan termometer, kedalaman
di bawah permukaan laut, ketinggian gedung, pohon atau daratan
· Mencermati urutan bilangan, sifat-sifat operasi hitung
bilangan bulat, kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan serta
penerapannya
· Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
penggunaan pecahan. Misal: pembagian potongan kue, potongan buah, potongan
gambar, potongan selembar kain/kertas, pembagian air dalam gelas, dan
sebagainya
· Mengumpulkan informasi tentang KPK dan FPB serta dua
teknik menemukannya (pohon faktor dan pembagian bersusun)
· Mengumpulkan informasi tentang bagaimana menyatakan
bilangan dalam bentuk pangkat bulat
· Mengumpulkan informasi tentang sifat-sifat penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian pada bilangan bulat
dan pecahan
· Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran
tentang perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan
bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan,
dan bilangan rasional
· Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan
bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan
pembagian bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat, perbandingan
bilangan pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan bilangan
rasional
|
3.4 Menjelaskan dan
menyatakan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong,
komplemen himpunan, menggunakan masalah kontekstual
3.5 Menjelaskan dan
melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
4.4 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan
semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan
4.5 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan operasi biner pada himpunan
|
Himpunan
·
Menyatakan himpunan
·
Himpunan bagian, kosong, semesta
·
Hubungan antar himpunan
·
Operasi pada himpunan
·
Komplemen himpunan
|
· Mengamati penggunaan himpunan dalam kehidupan
sehari-hari. Misal: kumpulan hewan, tumbuhan, buah- buahan, kendaraan
bermotor, alat tulis, suku-suku yang ada di Indonesia.
· Mencermati permasalahan yang berkaitan dengan himpunan
bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, anggota himpunan, himpunan kuasa,
kesamaan dua himpunan, irisan antar himpunan, gabungan antar himpunan,
komplemen himpunan, selisih, dan sifat-sifat operasi himpunan
· Mengumpulkan informasi mengenai sifat identitas, sifat
komutatif, sifat asosiatif, dan sifat distributif pada himpunan
· Menyajikan hasil pembelajaran tentang himpunan dan
sifat-sifat operasi himpunan
· Memecahkan masalah yang terkait dengan himpunan dan
sifat-sifatnya
|
3.6 Menjelaskan bentuk
aljabar dan unsur-unsurnya menggunakan masalah kontekstual
3.7 Menjelaskan dan
melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian,
dan pembagian)
4.6 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bentuk aljabar
4.7 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan operasi pada bentuk aljabar
|
Bentuk Aljabar
·
Menjelaskan koefesien, variabel, konstanta, dan suku pada bentuk
aljabar
·
Operasi hitung bentuk aljabar
·
Penyederhanaan bentuk aljabar
|
· Mencermati masalah sehari- hari yang berkaitan dengan
penggunaan konsep bentuk aljabar
· Mencermati bentuk aljabar dari berbagai model bentuk,
penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang disajikan, cara
menyederhanakan bentuk aljabar
· Menyajikan hasil pembelajaran tentang bentuk aljabar,
operasi hitung aljabar, dan penyederhanaan bentuk aljabar
· Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar,
operasi bentuk aljabar, serta penyederhanaan bentuk aljabar
|
3.8 Menjelaskan persamaan
dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya
4.8 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear satu Variabel
·
Pernyataan
·
Kalimat terbuka
·
Penyelesaian persamaan linear satu variabel dan pertidaksamaan
linear satu variable
|
· Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
persamaan linear satu variabel. Misal: panas benda dengan ukuran panjang,
kecepatan dan jarak tempuh
· Mengumpulkan informasi penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel melalui manipulasi aljabar untuk
menentukan bentuk paling sederhana
· Menyajikan hasil pembelajaran tentang persamaan linear
satu variabel, bentuk setara persamaan linear satu variabel, dan konsep
pertidaksamaan
· Memecahkan masalah tentang persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variable
|
3.9 Menjelaskan rasio dua
besaran (satuannya sama dan berbeda)
3.10 Menganalisis
perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data,
grafik, dan persamaan
4.9 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
4.10 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
Perbandingan
·
Membandingan dua besaran
·
Perbandingan senilai
·
Perbandingan berbalik nilai
|
· Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
penggunaan konsep rasio atau perbandingan. Misal: peta, denah, maket, foto,
komposisi bahan makanan pada resep, campuran minuman, dan komposisi obat pada
resep obat
· Mengumpulkan informasi tentang model matematika dari
konsep perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu besaran dengan
besaran lain berbentuk perbandingan senilai, perbandingan berbalik
nilai
· Mengumpulkan informasi mengenai strategi menyelesaikan
masalah nyata yang melibatkan konsep perbandingan
· Menyajikan hasil pembelajaran perbandingan senilai dan
berbalik nilai
· Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan
senilai dan berbalik nilai
|
3.11 Menganalisis
aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian,
bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
4.11 Menyelesaikan masalah
berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
|
Aritmetika Sosial
·
Harga penjualan dan pembelian
·
Keuntungan, kerugian, dan impas
·
Persentase untung dan rugi
·
Diskon
·
Pajak
·
Bruto, tara, dan netto
·
Bunga tunggal
|
· Mencermati kegiatan-kegiatan sehari-hari berkaitan dengan
transaksi jual beli, kondisi untung, rugi, dan impas
· Mencermati cara menentukan diskon dan pajak dari suatu barang
· Mengamati konteks dalam kehidupan di sekitar yang terkait
dengan bruto, neto, dan tara
· Mengumpulkan informasi tentang cara melakukan manipulasi
aljabar terhadap permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan artimetika
sosial
· Menyajikan hasil pembelajaran tentang aritmetika
sosial
· Memecahkan masalah yang berkaitan dengan artimetika
sosial
|
3.12 Menjelaskan sudut,
jenis sudut, hubungan antar sudut, cara melukis sudut, membagi sudut, dan
membagi garis
3.13 Menganalisis hubungan
antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal
4.12 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan sudut dan garis
4.13 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis
sejajar yang dipotong oleh garis transversal
|
Garis dan Sudut
·
Garis
·
Kedudukan garis
·
Membagi garis
·
Perbandingan ruas garis
·
Pengertian sudut
·
Jenis-jenis sudut
·
Hubungan antar sudut
·
Melukis dan sudut
|
· Mencermati model gambar atau objek yang menyatakan titik,
garis, bidang, atau sudut
· Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
penerapan garis dan sudut
· Mencermati kedudukan dua garis, jenis-jenis sudut,
hubungan antar sudut
· Mencermati sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis yang
dipotong oleh garis transversal
· Mencermati cara melukis dan membagi sudut menggunakan
jangka
· Menyajikan hasil pembelajaran tentang garis dan
sudut
· Memecahkan masalah yang berkaitan dengan garis dan
sudut
|
3.14 Manganalisis berbagai
bangun datar segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang,
trapesium, dan layang- layang) dan segitiga berdasarkan sisi, sudut, dan
hubungan antar sisi dan antar sudut
3.15 Menurunkan rumus untuk
menentukan keliling dan luas segiempat (persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang- layang) dan segitiga
4.14 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bangun datar segiempat (persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang- layang) dan segitiga
4.15 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi,
persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang- layang)
dan segitiga
|
Bangun Datar (Segiempat dan segitiga)
·
Pengertian segi empat dan segitiga
·
Jenis-jenis dan sifat-sifat bangun datar
·
Keliling dan luas segi empat dan segitiga
·
Menaksir luas bangun datar yang tak beraturan
|
· Mencermati benda di lingkungan sekitar berkaitan dengan
bentuk segitiga dan segiempat
· Mengumpulkan informasi tentang unsur-unsur pada segiempat
dan segitiga
· Mengumpulkan informasi tentang jenis, sifat dan
karakteristik segitiga dan segiempat berdasarkan ukuran dan hubungan antar
sudut dan sisi-sisi
· Mengumpulkan informasi tentang rumus keliling dan luas
segiempat dan segitiga melalui pengamatan atau eksperimen
· Mengumpulkan informasi tentang cara menaksir luas bangun
datar tidak beraturan menggunakan pendekatan luas segitiga dan
segiempat
· Menyajikan hasil pembelajaran tentang segiempat dan
segitiga
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segiempat dan
segitiga
|
3.16 Menganalisis hubungan
antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang,
dan diagram lingkaran)
4.16 Menyajikan dan menafsirkan data dalam
bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
|
Penyajian Data:
·
Jenis data
·
Tabel
·
Diagram garis
·
Diagram batang
·
Diagram lingkaran
|
· Mencermati penyajian data tentang informasi di sekitar
yang disajikan dengan tabel, ataupun diagram dari berbagai sumber media.
Misal: koran, majalah, dan televisi
· Mencermati cara penyajian data dalam bentuk tabel,
diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
· Mengumpulkan informasi tentang jenis data yang sesuai
untuk disajikan dalam bentuk bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan
diagram lingkaran
· Mengumpulkan informasi tentang cara menafsirkan data yang
disajikan dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram
lingkaran
· Menyajikan hasil pembelajaran tentang penyajian data
dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, dan lingkaran
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian
data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, dan lingkaran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar