Minggu, 28 Juli 2019

RPP kelas 8


  1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah         : SMP Negeri 1
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas / semester       : IX / Ganjil
Alokasi Waktu        : 1 x 10 Menit

Standar Kompetensi             : 4. Memahami peluang kejadian sederhana
Kompetensi Dasar                 : 4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
      4.2  Menentukan peluang suatu kejadian

Indikator
      Menentukan ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan
      Menentukan nilai peluang suatu kejadian.

       A.      Tujuan Pembelajaran
             1.      Siswa dapat menentukan ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan.
             2.      Siswa dapat menentukan peluang suatu kejadian.

      B.       Materi Ajar
Pengertian Ruang Sampel dan Titik Sampel
Ruang sampel adalah himpunan semua hasil yang mungkin terjadi dari suatu percobaan. Sedangkan titik sampel adalah semua anggota ruang sampel. Banyaknya anggota ruang sampel dinotasikan dengan n(S).

Contoh :
Pada percobaan melempar sebuah dadu
Diperoleh titik sampelnya adalah 1,2,3,4,5 dan 6
Himpunan ruang sampel, yaitu : S ={1, 2, 3, 4, 5, 6} → n(S) = 6

Peluang Suatu Kejadian
Peluang suatu kejadian adalah perbandingan antara banyaknya kejadian yang diamati dengan banyaknya kejadian yang mungkin.
Rumus :
image009
Keterangan :
P(A) = nilai peluang munculnya kejadian A
n(A) = banyaknya kejadian A
n(S) =  banyak anggota ruang sampel

Contoh 1 :
Tentukan peluang dari pernyataan berikut.
       A.    Ikan dapat hidup di darat
       B.     Lumut tumbuh didaerah gurun

Penyelesaian
     A.    Ikan hidup di darat merupakan suatu kemustahilan sehingga peluangnya sama dengan 0.
     B.     Lumut tumbuh di daerah gurun merupakan suatu kemustahilan sehingga peluangnya sama dengan 0.

Contoh 2:
Sebuah dadu dilempar sekali.
          dice gif
Ruang sampel (S) = (1, 2, 3, 4, 5,6) ; n(S) = 6. Akan ditentukan peluang muncul mata dadu ganjil.
A = muncul mata dadu ganjil = {1, 3, 5}, n(A) = 3
Peluang muncul mata dadu ganjil pada satu kali pelemparan dadu adalah
P(A) =  ......

       C.      Sumber Alat dan Media
Sumber     : Sulistiyono. 2007. SPM Matematika SMA dan MA. Jakarta :
                         Erlangga.
Alat          : Papan tulis, spidol dan dadu
Media       : LKS

       D.      Model dan Metode Pembelajaran
       Problem Based learning (PBL)


       E.       Kegiatan Pembelajaran
PENDAHULUAN
WAKTU
  Guru mengucapkan salam ketika masuk kelas. Dan memimpin doa sebelum memulai pelajaran.
 Guru mengabsen siswa terlebih dahulu.
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
      Siswa menjawab salam.


       Siswa merespon.

 Siswa memahami tujuan pembelajaran
2 Menit
KEGIATAN INTI
Eksplorasi
 Guru melakukan kegiatan tanya jawab untuk mengenalkan pengertian ruang sampel dan titik sampel.
    Guru memberikan suatu percobaan  pelemparan dadu untuk menentukan konsep peluang kejadian.
   Guru melibatkan siswa secara aktif dalam setiap pembelajaran.

Elaborasi
  Guru membagi 5 kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa.

    Guru membagikan LKS.

 Guru meminta siswa untuk melengkapi LKS dengan mendiskusikannya.
  Guru mengecek hasil kerja kelompok.

Konfirmasi
     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman agar mengarah pada kesimpulan yang benar.

  Siswa merespon dan menjawab pertanyaan yang diberikan guru


    Siswa  menentukan konsep peluang menurut pemahaman sendiri.

    Siswa aktif dalam pembelajaran.



     Siswa membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang

     Siswa berdiskusi mengenai peluang suatu kejadian
   Siswa melengkapi jawaban pada LKS




   
     Siswa memperhatikan penjelasan guru.
6 Menit
PENUTUP
  Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan mengenai materi peluang, ruang sampel dan titik sampel.
     Guru memberikan PR
   Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya.
      Siswa menyimpulkan materi yang telah di pelajari.


      Siswa merespom
   Siswa belajar tentang materi yang akan dipelajari selanjutnya.
2 Menit

F.       Penilaian
Instrumen penilaian          : Tes tertulis
Bentuk instrumen             : Uraian

Contoh instrumen
      1.      Pada percobaan pengetosan sebuah dadu
       tentukan peluang kejadian yang akan muncul
             a.       Peluang muncul angka prima
             b.      Peluang muncul kelipatan 2
     2.      Pada percobaan pengetosan dadu dan uang logam tentukan ruang sampelnya ?
           



Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
No
Kunci Jawaban
Skor
1.a







1.b





Peluang muncul angka prima
Pada pengetosan sebuah dadu, ruang sampelnya adalah {1, 2, 3, 4, 5, 6} → n(S) = 6
Ruang sampel mata dadu prima adalah P ={2, 3, 5 } maka n (P) = 3, dengan demikian peluang muncul angka prima adalah :
P(prima) = n (P) / n (S) = 3/6 = 1/2

Peluang muncul angka kelipatan 2
Pada pengetosan sebuah dadu, ruang sampelnya adalah
{1, 2, 3, 4, 5, 6} → n(S) = 6
Ruang sampel mata dadu kelipatan 2 adalah P ={2, 4, 6} maka n (P) = 3, dengan demikian peluang muncul angka prima adalah :
P(prima) = n (P) / n (S) = 3/6 = 1/2


1

1

1




1

1

1
2
Pengetosan mata uang dan dadu
1
2
3
4
5
6
A
(A,1)
(A,2)
(A,3)
(A,4)
(A,5)
(A,6)
G
(G,1)
(G,2)
(G,3)
(G,4)
(G,5)
(G,6)
Ruang sampel  
S = {(A, 1), (A, 2), (A, 3), (A, 4), (A, 5), (A, 6), (G, 1), (G, 2), (G, 3), (G, 4), (G, 5), (G, 6)
n(S) = 12

1
1



1
Jumlah Skor
9

            Nilai siswa =  x 100
                                                                             Pelembang, 16 Desember 2015
Kepala Sekolah                                                           Guru Matematika


..........................                                                      ....................................
                                     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar