Selasa, 30 Juli 2019

RPP SMA (SPLTV)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        : SMA
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester            : X/Ganjil
Materi Pokok               : Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Alokasi Waktu             : 2 x 45 menit (1 pertemuan)

     A.  Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

    B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
        3.3      Menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual                                                                                     
          3.3.1        Menemukan konsep sistem persamaan linear tiga variabel
        3.3.2        Membuat model matematika sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual
     4.3    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel
       4.3.1        Terampil mengidentifikasi sistem persamaan linear tiga variabel
           4.3.2        Terampil membuat model matematika sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual

     C.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
3.3.1.1  Siswa dapat menemukan konsep sistem persamaan linear tiga variabel dengan tepat melalui diskusi kelompok dan penemuan (discovery)
3.3.2.1  Siswa dapat membuat model matematika sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual dengan tepat melalui diskusi kelompok dan penemuan (discovery)
4.3.1.1  Siswa dapat terampil mengidentifikasi sistem persamaan linear tiga variabel dengan tepat melalui diskusi kelompok dan penemuan (discovery).
4.3.2.1  Siswa dapat terampil membuat model matematika sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual dengan tepat melalui diskusi kelompok dan penemuan (discovery)
 
    D.      Materi Pembelajaran
           A.      Konsep Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
     1.       Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Sistem persamaan linear tiga variabel adalah suatu sistem persamaan linear dengan tiga variabel.    Bentuk umum sistem persamaaan linear tiga variabel x, y, dan z adalah
 
2.        Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Homogen
Sistem persamaan linear tiga variabel homogen dapat didefinisikan sebagai sistem persamaan linear yang memiliki konstanta pada setiap persamaan adalah 
Bentuk Umumnya:
B.       Model Matematika yang Berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diterjemahkan dalam model matematika. Langkah yang perlu dilakukan pertama kali untuk menerjemahkan masalah dalam model matematika adalah mengidentifikasi bahwa masalah yang diselesaikan itu merupakan sebuah sistem persamaan. Setelah itu, lakukan langkah berikut:
1.        Identifikasi apa yang diketahui dan ditanyakan pada masalah (soal)
2.         Misalkan variabelnya
3.         Susunlah model matematikanya

E.  Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran  : Scientific
Model pembelajaran           : Discovery Learning
Metode pembelajaran         : Diskusi


F.   Media dan Bahan
1.      Media Pembelajaran
      Power Point, LKPD1
2.      Alat Pembelajaran
      LCD, Laptop, spidol, papan tulis

G. Sumber Belajar
1.    Kemdikbud. 2016.Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi Buku Guru. Jakarta:          Kemdikbud.
2.   Kemdikbud. 2016. Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas XEdisi Revisi Buku Siswa. Jakarta: Kemdikbud.
3.    Buku referensi lainnya

H.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
    1.    Guru mengucapkan salam, meminta salah satu siswa untuk memimpin doa, memeriksa kehadiran siswa, dan memastikan kenyamanan kelas untuk belajar.
    2.    Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi sistem persamaan linear tiga variabel dalam kehidupan sehari-hari.
   3.    Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya yaitu tentang sistem persamaan linear dua variabel dengan materi yang akan dipelajari.
   4.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
   5.    Guru menyampaikan cakupan materi yaitu tentang menemukan konsep dan membuat model matematika sistem persamaan linear tiga variabel melalui model pembelajaran penemuan (discovery learning).
10 menit
Inti
     1.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota 4 siswa secara heterogen.
(Fase 1: Pemberian Stimulus)
    2.    Siswa memperhatikan dengan seksama masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan guru dalam LKPD 1.
(Fase 2: Identifikasi Masalah)
     3.    Siswa diminta berfikir kritis dengan mengidentifikasi masalah kontekstual dalam LKPD 1 sehingga menimbulkan pertanyaan-pertanyaan dalam diri siswa yang terkait sistem persamaan linear tiga variabel dengan didampingi guru.
(Fase 3: Mengumpulkan Data)
   4.    Siswa diarahkan untuk mengkomunikasikan dengan  mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait masalah tersebut.
   5.    Siswa diajak berkolaborasi dengan sistem dikusi untuk menemukan hubungan-hubungan setiap informasi yang diperoleh dari setiap pertanyaan berupa sistem persamaan linear.
(Fase 4: Menguji Hasil)
    6.    Siswa diarahkan berfikir kritis untuk menemukan konsep dan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan data yang telah dikumpulkan.
   7.    Salah satu kelompok diminta mengkomunikasikan hasil diskusinya dengan cara mempresentasikan ke depan kelas dan kelompok lain dapat menanggapi.
(Fase 5: Kesimpulan)
    8.    Siswa diajak berfikir kreatif merumuskan konsep dan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel dengan kata-katanya sendiri.
65 menit
Penutup
   1.    Siswa bersama guru merefleksi dan menyimpulkan tentang proses pembelajaran menemukan konsep dan menentukan penyelesaiansistem persamaan linear tiga variabel
     2.    Siswa diberikan soal evaluasi (post test).
     3.    Guru memberikan penugasan kepada siswa.
    4.    Siswa diingatkan untuk mempelajari materi pada pertemuan selanjutnya yaitu tentang tentang menyusun sistem persamaan linear tiga variabel.
    5.    Guru menutup pembelajaran dengan salam/doa.
15 menit

I.     Penilaian
1.    Teknik Penilaian
      a.       Pengetahuan
             Teknik penilaian      : Tes tertulis
             Bentuk instrumen    : Uraian
      b.      Ketrampilan
            Teknik penilaian      : Tes tertulis
            Bentuk instrumen    : Uraian
2.    Instrumen Penilaian
     Pertemuan pertama (terlampir)
3.    Remidial
     Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
4.    Pengayaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar