RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Materi
Pokok
: Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit (1 pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
KI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Menyusun sistem persamaan linear
tiga variabel dari masalah kontekstual
|
3.3.1
Menemukan konsep sistem persamaan
linear tiga variabel
3.3.2
Membuat model matematika sistem
persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual
|
4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear tiga variabel
|
4.3.1
Terampil mengidentifikasi sistem
persamaan linear tiga variabel
4.3.2
Terampil membuat model matematika
sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
3.3.1.1
Siswa dapat menemukan konsep sistem
persamaan linear tiga variabel dengan tepat melalui diskusi kelompok dan
penemuan (discovery)
3.3.2.1
Siswa dapat membuat model matematika
sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual dengan tepat
melalui diskusi kelompok dan penemuan (discovery)
4.3.1.1
Siswa dapat terampil
mengidentifikasi sistem persamaan linear tiga variabel dengan tepat melalui
diskusi kelompok dan penemuan (discovery).
4.3.2.1
Siswa dapat terampil membuat model
matematika sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual
dengan tepat melalui diskusi kelompok dan penemuan (discovery)
D.
Materi Pembelajaran
A. Konsep Sistem Persamaan Linear Tiga
Variabel
1. Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Sistem persamaan linear tiga variabel adalah suatu sistem
persamaan linear dengan tiga variabel. Bentuk umum sistem persamaaan linear
tiga variabel x, y, dan z adalah
2.
Sistem Persamaan Linear Tiga
Variabel Homogen
Sistem
persamaan linear tiga variabel homogen dapat didefinisikan sebagai sistem
persamaan linear yang memiliki konstanta pada setiap persamaan adalah
Bentuk
Umumnya:
B.
Model Matematika yang Berkaitan
dengan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Banyak masalah dalam kehidupan
sehari-hari yang dapat diterjemahkan dalam model matematika. Langkah yang perlu
dilakukan pertama kali untuk menerjemahkan masalah dalam model matematika
adalah mengidentifikasi bahwa masalah yang diselesaikan itu merupakan sebuah
sistem persamaan. Setelah itu, lakukan langkah berikut:
1.
Identifikasi apa yang diketahui dan
ditanyakan pada masalah (soal)
2.
Misalkan variabelnya
3.
Susunlah model matematikanya
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan
Pembelajaran : Scientific
Model
pembelajaran : Discovery
Learning
Metode
pembelajaran : Diskusi
F. Media dan Bahan
1. Media Pembelajaran
Power Point, LKPD1
2. Alat Pembelajaran
LCD, Laptop, spidol, papan tulis
G. Sumber Belajar
1.
Kemdikbud. 2016.Matematika
SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi Buku Guru. Jakarta: Kemdikbud.
2. Kemdikbud. 2016. Matematika
SMA/MA/SMK/MAK Kelas XEdisi Revisi Buku Siswa. Jakarta: Kemdikbud.
3.
Buku referensi lainnya
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
1. Guru mengucapkan salam, meminta salah satu siswa untuk
memimpin doa, memeriksa kehadiran siswa, dan memastikan kenyamanan kelas
untuk belajar.
2. Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi sistem persamaan linear tiga variabel dalam
kehidupan sehari-hari.
3. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya yaitu tentang sistem persamaan linear dua variabel
dengan materi yang akan dipelajari.
4. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
yang akan dicapai.
5. Guru menyampaikan cakupan materi yaitu tentang menemukan
konsep dan membuat model matematika sistem persamaan linear tiga variabel
melalui model pembelajaran penemuan (discovery learning).
|
10
menit
|
Inti
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota 4
siswa secara heterogen.
(Fase 1: Pemberian Stimulus)
2. Siswa memperhatikan dengan seksama masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual dalam
kehidupan sehari-hari yang disajikan guru dalam LKPD 1.
(Fase 2: Identifikasi Masalah)
3. Siswa diminta berfikir kritis dengan mengidentifikasi masalah
kontekstual dalam LKPD 1 sehingga menimbulkan pertanyaan-pertanyaan dalam
diri siswa yang terkait sistem persamaan linear tiga variabel dengan
didampingi guru.
(Fase 3: Mengumpulkan Data)
4. Siswa diarahkan untuk mengkomunikasikan dengan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan terkait masalah tersebut.
5. Siswa diajak berkolaborasi dengan sistem dikusi untuk
menemukan hubungan-hubungan setiap informasi yang diperoleh dari setiap
pertanyaan berupa sistem persamaan linear.
(Fase 4: Menguji Hasil)
6. Siswa diarahkan berfikir kritis untuk menemukan konsep dan
penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan data yang
telah dikumpulkan.
7. Salah satu kelompok diminta mengkomunikasikan hasil diskusinya dengan cara mempresentasikan
ke depan kelas dan kelompok lain dapat menanggapi.
(Fase 5: Kesimpulan)
8.
Siswa diajak berfikir kreatif merumuskan konsep dan penyelesaian
sistem persamaan linear tiga variabel dengan kata-katanya sendiri.
|
65
menit
|
Penutup
1. Siswa bersama guru merefleksi dan menyimpulkan tentang
proses pembelajaran menemukan konsep dan menentukan penyelesaiansistem
persamaan linear tiga variabel
2. Siswa diberikan soal evaluasi (post test).
3. Guru memberikan penugasan kepada siswa.
4. Siswa diingatkan untuk mempelajari materi pada pertemuan
selanjutnya yaitu tentang tentang menyusun sistem persamaan linear tiga
variabel.
5. Guru menutup pembelajaran dengan salam/doa.
|
15
menit
|
I. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Pengetahuan
Teknik
penilaian : Tes tertulis
Bentuk
instrumen : Uraian
b. Ketrampilan
Teknik
penilaian : Tes tertulis
Bentuk
instrumen : Uraian
2.
Instrumen Penilaian
Pertemuan pertama (terlampir)
3.
Remidial
Bagi peserta
didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
4.
Pengayaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar